KICKFEST XVI Kembali Digelar di Dua Kota dengan Tema “Sew-Stayin”

KICKFEST, acara clothing yang digagas oleh KICK (Kreative Independent Clothing Kommunity) dan Dyandra Promosindo, kembali hadir tahun ini untuk edisi ke-16.

Event ini akan berlangsung di dua kota, Malang dan Bandung, dengan jadwal pada 27–29 September 2024 dan 1–3 November 2024, berturut-turut.

KICKFEST XVI akan menampilkan lebih dari 80 brand clothing lokal yang terkurasi serta puluhan komunitas dengan target kunjungan lebih dari 60.000 orang di kedua kota tersebut. Mengusung tema “Sew-Stayin”, KICKFEST tahun ini menggabungkan kata “Sew” yang berkaitan dengan industri clothing dan “Stayin’” yang mencerminkan ketahanan usaha di industri tersebut.

Tema ini menegaskan komitmen KICKFEST untuk terus berkembang dan beradaptasi dalam menciptakan kreativitas, inovasi, serta mendukung industri clothing dan sektor pendukung lainnya agar tetap berkelanjutan di masa depan.

Event ini akan mengusung empat pilar utama: Clothing, Outward Market, Hunger Area, dan Musik.

Pilar Clothing akan menghadirkan berbagai brand lokal dari berbagai kota seperti Malang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Bali dengan berbagai penawaran terbaru dan promo belanja menarik.

Outward Market adalah area baru yang memperkenalkan produk-produk penunjang industri fashion, terbagi menjadi tiga area: Youthivity untuk produk lifestyle dan hobi, Kids Paradise untuk fashion dan skincare bayi serta anak, dan The Pets Park, sebuah mini zoo untuk interaksi dengan hewan peliharaan.

Di Hunger Area, pengunjung bisa menikmati beragam menu makanan khas daerah dan snack kekinian yang telah dikurasi dengan teliti.

Ade Andriansyah, Ketua KICK, mengatakan, “Dengan penyelenggaraan KICKFEST XVI kami berharap dapat terus memberikan wadah bagi para pelaku usaha clothing lokal Indonesia untuk terus berkarya dan bertumbuh sehingga dapat berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi kreatif daerahnya.”

Musik menjadi elemen penting dalam festival ini, dengan KICKFEST XVI menawarkan berbagai genre yang berbeda setiap harinya.

KICKFEST Merindu akan menampilkan musisi dengan genre pop, jazzy, folk, dan blues, sementara KICKFEST Keras akan menghadirkan genre punk, metal, grunge, dan rock.

KICKFEST Bergoyang akan menyajikan musik koplo, DJ, pop ambyar, dan reggae.

Tofani Lazuardi, General Manager Dyandra Promosindo, menambahkan, “Kali ini menawarkan konsep festival dengan banyak elemen yang bisa dinikmati masyarakat dalam kunjungannya. Mulai dari kegembiraan berbelanja, kehebohan konser musik, keseruan acara, serta kenikmatan bersantap. Di satu tempat pengunjung akan mendapatkan kebahagiaan dan pengalaman yang tak terlupakan.”

Acara ini juga akan menampilkan Street Parade, fashion show yang berlangsung di tengah gangway event, serta kolaborasi komunitas Malang dan Bandung dalam berbagai aktivitas bersama.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembaruan terkait KICKFEST XVI, kunjungi akun resmi Kickfest di @kickfest.id.